Minggu, 30 Oktober 2016



Dua angka di belakang label IP masing-masing memiliki makna tersendiri. Kali ini akan dijelaskan beberapa deretan makna angka dari digit pertama hingga kedua.
Digit pertama angka dapat dimulai dari 0 (nol) yang bermakna tak ada fitur perlindungan. Kemudian disusul dengan nomor 1 hingga 4 yang masing-masing bermakna memiliki perlindungan terhadap benda keras berukuran 50, 12, 2,5, dan 1 mm³.
Sedangkan pada angka 5, nomor tersebut bermakna bahwa perangkat memiliki perlindungan terhadap debu, namun dalam jumlah tertentu. Untuk angka 6, hal ini berarti perangkat tersebut telah sepenuhnya terbebas dari gangguan debu.
Sementara di digit kedua, sama seperti di digit pertama, angka 0 (nol) juga menunjukkan absennya perlindungan. Adanya perlindungan dimulai dengan nomor 1 yang bermakna bahwa tahan terhadap tetesan air.
Nomor 2 memiliki makna bahwa perangkat tahan terhadap cipratan air dengan sudut kemiringan secara vertikal 15 derajat. Nomor 3, kemampuan tahan air meningkat menjadi dari arah 60 derajat.
Sedangkan untuk angka 4 dan 5, hal ini berarti perangkat tersebut dapat tahan dari cipratan dan semprotan air dari segala arah dengan minimnya celah masuk air. Namun, angka 6 tahan terhadap intensitas air yang lebih banyak.
Terakhir di angka 7 dan 8, perangkat memiliki ketahanan untuk masuk ke dalam air, mulai 15 cm hingga 1 m dan di angka 8 memiliki ketahanan menyelam yang lebih lama.
Dengan begitu, jika sebuah ponsel telah memiliki sertifikasi IP rating bernomor 68, maka sudah dipastikan memiliki kemampuan terhadap debu dan juga sanggup menyelam di bawah air.
Sebagai contoh, kemampuan IP rating 68 yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note 7 mampu membuat ponsel tahan terhadap gangguan segala debu dan juga sanggup menyelam hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar