Senin, 21 November 2016

Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas ( wide area network )

  1. 1. Melakukan Instalasi Perangkat JaringanBerbasis Luas ( Wide Area Network )Menjelaskan Persyaratan WANDEPAN
  2. 2. PETA KEDUDUKAN KOMPETENSI2 3Mendiagnosis permasalahanpengoperasian PC yangtersambung jaringangnosisMelakukan perbaikan dan/ atausetting ulang koneksi jaringananMelakukan instalasi sistem operasijaringan berbasis GUI (Graphical UserInterface) dan TextMelakukan instalasi perangkatjaringan berbasis luas (Wide AreaNetwork)Mendiagnosis permasalahan perangkatyang tersambung jaringan berbasis luas(Wide Area Network)Membuat desain sistemkeamanan jaringanMendiagnosis permasalahanpengoperasian PC danperiferalMelakukan perbaikan dan/atau setting ulang sistem PCMelakukan perbaikan periferalMelakukan instalasi softwareMelakukan perawatan PCMelakukan instalasi sistem operasiberbasis graphical user interface (GUI)dan command line interface (CLI)Melakukan instalasi perangkatjaringan lokal (Local AreaNetwork)Menerapkan teknik elektronikaanalog dan digital dasarMenerapkan fungsiperipheral dan instalasi PCMelakukan perbaikan dan/ atau settingulang koneksi jaringan berbasis luas(Wide Area Network)Mengadministrasi serverdalam jaringanMerancang bangun danmenganalisa Wide AreaNetworkMerancang web data baseuntuk content serverLulusMelakukan instalasisistem operasi dasarMenerapkan K 3 LHMerakit PersonalKomputerDasar Kejuruan Level I ( Kelas X ) Level II ( Kelas XI ) Level III ( Kelas XII )1Melakukan instalasi perangkatjaringan berbasis luas (Wide AreaNetwork)Klik DisiniDEPAN
  3. 3. WAN (Wide Area Network) merupakan sistem jaringan yangmenghubungkan antar Autonomous System (AS). Satu AutonomousSystem dapat terdiri atas satu jaringan atau lebih. WAN mencakupdaerah geografis yang luas, memungkinkan komunikasi antara duaperangkat yang terpisah dengan jarak yang sangat jauh.WAN menghubungkan beberapa LAN melalui jalur komunikasi dariservice provider. Karena jalur komunikasi tidak bisa langsungdimasukkan ke LAN maka diperlukan beberapa perangkat interface.Perangkat–perangkat tersebut antara lain:Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  4. 4. RouterRouter adalah perangkat jaringan yang aktif dan intelegent dan dapatberpartisipasi dalam manajemen jaringan. Router mengatur jaringan denganmenyediakan kontrol dinamis melalui sumber daya dan mendukungtugas dan tujuan dari jaringan. Beberapa tujuan tersebut antara lainkonektivitas, perfomansi yang reliabel, kontrol manajemen dan fleksibilitas.Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)CSU/DSUJalur komunikasi membutuhkan sinyal dengan format yang sesuai. Untukjalur digital, sebuah Channel Service Unit (CSU) dan Data Service Unit(DSU) dibutuhkan. Keduanya sering digabung menjadi sebuah perangkatyang disebut CSU/DSU.
  5. 5. ModemModem adalah sebuah perangkat dibutuhkan Pada sisi penerima sinyalanalog dikembalikan menjadi sinyal digital atau demodulasi.Communication ServerCommunication Server mengkonsentrasikan komunikasi pengguna dial-indan remote akses ke LAN. Communication Server memiliki beberapainterface analog dan digital serta mampu melayani beberapa usersekaligus.Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  6. 6. Mengidentifikasi Spesifikasi WANMelakukan Instalasi Perangkat JaringanBerbasis Luas ( Wide Area Network )DEPAN
  7. 7. Jalur WAN menyediakan berbagai macam kecepatan data yang diukurdalam satuan kilobits per second. Dibawah ini berbagai teknologi WANdan kecepatan yang tersedia.Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)DEPAN
  8. 8. Standar WANWAN menggunakan OSI layer tetapi hanya fokus pada layer 1 dan 2.Standar WAN pada umumnya menggambarkan baik metodepengiriman layer 1 dan kebutuhan layer 2, termasuk alamat fisik,aliran data dan enkapsulasi. Dibawah ini adalah organisasi yangmengatur standar WAN.Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  9. 9. Infrastruktur untuk teknologi WAN dapat beroperasi dengan adanyaProtokol WAN. Teknologi WAN akan dapat beroperasi disesuaikan denganProtokol WAN yang cocok, perangkat yang membentuknya, danspesifikasi perangkat dari vendornya.Saat ini terdapat beberapa jenis protokol yang digunakan untukmenyediakan mekanisme pengiriman data melalui jaringan WAN.Diantaranya adalah:1.Protokol HDLC (High Level Datalink Control)2.PPP (Point to Point Protocol)3.Protokol X.25 Protocol dan LAPB (Link Access Procedure Balanced)4.Frame Relay5.ISDNModul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  10. 10. Membuat Desain Awal Jaringan danMenyelesaikan Desain Jaringan WANMelakukan Instalasi Perangkat JaringanBerbasis Luas ( Wide Area Network )DEPAN
  11. 11. HDLC merupakan sebuah protokol yang bekerja pada lapisan datalink.Pertama kali dibuat oleh ISO, yang merupakan sebuah protokol yangmenetapkan metode enkapsulasi data pada synchronous serial yangmenggunakan karakter frame dan checksum. HDLC dapatdiimplementasikan pada interface serial yang terdapat pada dedicatedrouter dari vendor Cisco, dengan menggunakan perintah:Router(config)#int s0Router(config-if) # encapsulation hdlcModul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)PPP (Point to Point Protocol) merupakan protokol data link layer yangdapat digunakan pada media asynchrounous serial atausynchrounous serial. PPP memiliki kemampuan untuk melakukanproses autentikasi dan bersifat multiprotocol, sehingga menjadi solusiyang banyak digunakan untuk komunikasi WANDEPAN
  12. 12. Protokol X.25 dan LAPB (Link Access Procedure Balanced)Pendekatan tradisional packet switching memungkinkan penggunaan X.25 yangtidak hanya menentukan interface user dari jaringan WAN, akan tetapi jugamempengaruhi desain internal jaringan, dengan beberapa pendekatan, yaitu :Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)1. Packet-packet control panggilan, yang diperlukan untuk mensetup danmembubarkan sirkuit virtual, dibawa pada channel yang sama pada sirkuit virtualyang sama sebagai paket data2. Multiplexing sirkuit virtual menempati layer 3 model komunikasi OSI.3. Baik layer 2 maupun layer 3 mencakup mekanisme kendali aliran dan koreksikesalahan
  13. 13. Implementasi penggunaan protokol X.25 pada jaringan SVC Switched VirtualCircuit) di router dapat dilakukan dengan cara:1. Mendefinisikan jenis enkapsulasi (default: DTE ):Router(config-if)# encapsulation x25 [dce|dte ]2. Menetapkan alamat x.121:Router(config-if) # x25 address x.121-address3. Memetakan alamat network layer protocol (mis, IP, IPX)dengan alamat x.121Router(config-if) # x25 map protocol address x.121-addressModul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  14. 14. Implementasi penggunaan protokol X.25 pada jaringan PVC (PermanentVirtual Circuit) di router dapat dilakukan dengan cara:1. Mendefinisikan jenis enkapsulasi (default: DTE ):Router(config-if)# encapsulation x25 [dce|dte ]2. Menetapkan alamat x.121:Router(config-if) # x25 address x.121-address3. Memetakan alamat network layer protocol (mis, IP, IPX)dengan alamat x.121:Router(config-if) # x25 pvc circuit_number protocol address x.121-addressModul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  15. 15. FRAME RELAYuntuk dapat menampilkan kualitas koneksi yang lebih efektif dibandingkandengan X.25. Protokol Frame Relay mendefinisikan proses pengirimandata melalui sebuah jaringan data publik, dengan sifat koneksi yangconnection oriented.Implementasi frame relay tidak mengharuskan penggunaan media fisiktertentu, bahkan bisa jadi beberapa router yang terkonsentrasi pada satujaringan frame relay masing-masing terkoneksi dengan media fisik yangberbeda-beda seperti ilustrasi pad gambar berikutModul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  16. 16. Konfigurasi Frame Relay pada jaringan router Cisco dapat dilakukan dengancara:1.Tentukan interface yang akan dihubungkan dengan frame relay2.Berikan konfigurasi alamat network layer (IP Address)3.Pilih jenis enkapsulasi yang akan digunakan:Router(config-if) # encapsulation frame relay [cisco | ietf]4. Tentukan jenis LMI yang digunakan:Router(config-if) # frame-relay lmi-type [cisco | ansi | a933a]5. Menetapkan nomor DLCI yang digunakan :Router(config-if) # frame-relay interface-dlci [number-dlci]Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  17. 17. Contoh konfigurasi untuk router yang digunakan sebagai DTE dari jaringandengan Protokol Frame Relay:Router(config) # interface serial0Router(config-if) # ip address 202.51.226.36 255.255.255.0Router(config-if) # encapsulation frame-relayRouter(config-if) # frame-relay lmi-type ciscoRouter(config-if) # frame-relay interface-dlci 1006. Konfigurasi pemetaan alamat jika hendak menggunakancara pemetaan statis, maka digunakan perintah:Router(config-if) # frame-relay map [ip address dlci number broadcast]Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  18. 18. Virtual LAN (VLAN)Virtual LAN (VLAN) adalah sebuah konsep logika yang membagisatu broadcast domain (network) menjadi beberapa broadcast domain(kelompok logika). Penerapan nya dilakukan pada Manageable Switch.Beberapa host yang terhubung ke switch yang sama denganidentitas network yang sama, dapat dibuat menjadi kelompok logika yangberbeda, hal ini dilakukan dengan mengelompokan VLAN ID padakonfigurasi port manageable switch.Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  19. 19. Port diberikan identitas VLAN ID untuk komunikasi dengan portyang lainnya. Port dengan VLAN ID yang sama dikatakan berada dalam satubroadcast domain.Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  20. 20. Konfigurasi pengelompokan jaringan pada konsep VLAN, dapat dilakukandengan dua cara, tergantung pada interface pengkonfigurasian yangdisediakan oleh manageable switch.Cara pertama adalah dengan menggunakan interface under web, langkahini sangat mudah dilakukan, secara umum langkah yang dilakukan adalah :1.Masuk ke halaman administrasi manageable switch melalui browser.2.Masuk ke layanan konfigurasi VLAN3.Buat VLAN ID, yang merupakan kelompok logika bagi host, dilanjutkandengan memasukan beberapa nomor port dari koneksi ke host yang akandimasukan ke kelompok logika tersebut.4.Ulangi langkah nomor 3 apabila akan membuat beberapa VLAN ID.Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  21. 21. Cara kedua adalah dengan menggunakan perintah pada console ataumenu yang disediakan oleh sistem operasi manageable switch tersebut.Cisco dapat dikonfigurasikan dengan menggunakan cara ini,pengkonfigurasian dengan menggunakan perintah pada console dapatdilakukan dengan langkah :1. Setelah masuk ke console konfigurasi, lalu buat VLAN ID yang menjadiidentitas kelompok logika, dapat disertai dengan VLAN Name, tapi hal inibersifat tambahan.Tkj(config)# vlan 200 name tkjModul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  22. 22. 2. Masuk ke interface yang akan dijadikan anggota vlan yangsudah dibentuk.Tkj(config)# int e0/2Tkj(config-if)# vlan-membership static 2003. Ulangi langkah nomor 2 untuk menambahkan interface lainpada VLAN ID yang telah dibentuk.4. Ulangi langkah 1 dan 2 (juga 3, jika banyak port yang dijadikan anggota VLAN ID), apabila akan membuat VLAN IDbaru dan anggotanya.Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  23. 23. Virtual Private Networks (VPN)Virtual Private Networks (VPN) merupakan solusi untuk membuatkoneksi LAN melalui internetwork. Penerapan konfigurasinya dilakukan padarouter yang keduanya terhubung pada internetwork dengan menggunakanprotokol yang sama untuk keperluan VPN .Untuk membuat link VPN antar LAN dapat dilakukan denganmenerapkan beberapa komponennya, yaitu :1.Masing-masing LAN terhubung dengan intrenet melalui Gateway ISPmasing-masing.2.Menyiapkan interface tunnelling/VPN pada kedua router LAN.3.Menyiapkan alamat jaringan yang akan dijadikan sebagai alamat point topoint VPN (Virtual Network).4.Memberikan konfigurasi VPN, dengan menambahkan alamat virtualnetwork pada interface tunnelling.Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  24. 24. Gambar dibawah ini mendeskripsikan implementasi VPN, adapunkonfigurasi untuk implementasi VPN dijelaskan pada sub bab berikutnyamengenai Membangun VPN.Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  25. 25. Membangun VPNUntuk membangun link VPN berikut beberapa hal yang harus dilakukan :1. Membuat topologi perencanaan VPNTopologi sebelum implementasi VPNTopologi setelah implementasi VPNModul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  26. 26. 2. Membangun PC Router dengan menggunakan sistem operasi jaringantertentu (dalam implementasi ini akan digunakan sistem operasi Linux)Router 1:# ifconfig eth0 192.168.100.2 netmask255.255.255.0# ifconfig eth1 202.10.20.2 netmask255.255.255.240# route add default gw 202.10.20.1# ifconfig eth0 192.168.200.2 netmask255.255.255.0# ifconfig eth1 202.100.200.2 netmask255.255.255.240# route add default gw 202.100.200.1Router 2:Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  27. 27. Router 1:# ifconfig gif0 create# ifconfig gif0 tunnel 202.10.20.2202.100.200.2# ifconfig gif0 inet 192.168.100.1192.168.100.2 netmask 0xffffffff# ifconfig gif0 create# ifconfig gif0 tunnel 202.100.200.2202.10.20.2# ifconfig gif0 inet 192.168.100.2192.168.100.1 netmask 0xffffffffRouter 2:Mengkonfigurasi alamat tunneling pada device GIF, dengan membuatvirtual link.Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  28. 28. # ifconfig gif0# ifconfig gif0gif0: flags=8051<UP,POINTOPOINT,RUNNING,MULTICAST> mtu 1280 tunnel inet202.10.20.2 --> 202.100.200.2inet 192.168.100.1 --> 192.168.100.2 netmask0xffffffffKonfigurasi tunneling berhasil apabila respon nya:Untuk melakukan verifikasi terhadap konfigurasi yang telah diberikan,dapat di cek dengan menggunakan perintah:Selanjutnya pada table routing terdapat opsi routing tambahanberupa penambahan routing static ke remote network melaluiinterface Tunnel:Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  29. 29. # route add –net 20.20.20.0/24 192.168.100.2Pada router 1Untuk melewatkan koneksi antar network, maka antar router tersebutharus ditambahkan opsi routing dengan destination remote networkmelalui ip address tunneling pada remote router.Pada router 2# route add –net 10.10.10.0/24 192.168.100.1# netstat -rnRouting tablesDestination Gateway Flags Use NetifExpire192.168.2.1 192.168.1.1 UH 0 gif0Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  30. 30. Mengevaluasi Lalu Lintas JaringanMelakukan Instalasi Perangkat JaringanBerbasis Luas ( Wide Area Network )DEPAN
  31. 31. Upaya penjaminan kualitas layanan jaringan komputer akanterpelihara apabila pengelola jaringan dapat memastikan kondisi jaringansetiap saat. Upaya ini dapat dilakukan dengan melakukan Monitoringjaringan sebagai bagian dari kegiatan Maintenance Repair (MR).Monitoring jaringan dapat dilakukan dengan memanfaatkansoftware yang fungsinya dikhususkan untuk monitoring jaringan. Untukkeperluan ini, kita perlu menyiapkan beberapa hal, yaitu :1.Topologi jaringan yang akan dimonitor harus terdokumentasi.2.Tentukan software yang akan digunakan untuk monitoring jaringan.Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)DEPAN
  32. 32. 3. Konfigurasikan software monitoring tersebut sesuai dengan topologidari jaringan yang akan dimonitor, dengan konfigurasi yang sesuai.4. Lakukan monitoring secara berkala agar keadaan jaringan senantiasadapat dipantau.Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  33. 33. PERBAIKAN/SETTING ULANG WANPerbaikan / Setting ulang jaringan (WAN) merupakan upaya tindaklanjut dari kegiatan network monitoring, terutama ketika terjadi kerusakankoneksi.Upaya perbaikan ditujukan kepada kerusakan yang terjadi padahardware, misalnya tidak berfungsinya salah satu bagian dari hardware.Selama perbaikan dilakukan, maka jaringan dapat tetap berjalan denganmemfungsikan komponen cadangan sebagai penggantinya.Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  34. 34. Seting ulang dilakukan apabila kerusakan jaringan terjadi pada bagiansoftware, yang meminta setting ulang dilakukan. Setting ulang dapatdilakukan dengan tiga cara, yaitu :1. Dengan mengembalikan dahulu konfigurasi ke kondisi default(konfigurasi vendor) atau dikenal dengan istilah reset2. Dengan melakukan setting ulang pada bagian yang mengalamikerusakan saja3. Setting ulang ketiga dilakukan dengan melakukan restore terhadapsistem backup yang telah disimpan sebelumnya.Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)DEPAN
  35. 35. Modul 13 Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar